2 Perbedaan Biaya Kuliah Jalur Mandiri dengan SNBT - Akademi Prestasi
2 Perbedaan Biaya Kuliah Jalur Mandiri dengan SNBT

Biaya kuliah jalur mandiri jelas hal yang mesti menjadi pertimbangan bagi kamu yang berminat untuk masuk kampus favorit dengan seleksi mandiri. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak yang bingung tentang perbedaan jalur masuk ke kampus favorit.

Khususnya untuk jalur masuk seperti seleksi mandiri dan juga jalur masuk SNBT. Banyak yang masih kebingungan untuk membedakan antara kedua jalur masuk ke kampus tersebut.

Khususnya untuk membedakan biaya yang diterapkan antara satu sama lain. Supaya kamu tidak bingung lagi, akan kami jelaskan mengenai perbedaan biaya dari dua jalur masuk ini.

1. Perbedaan Biaya Pendaftaran

Perbedaan pertama dari biaya kuliah jalur mandiri dengan biaya SNBT terletak pada biaya pendaftarannya. Diawali dari SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes yang merupakan seleksi masuk PTN yang berdasarkan hasil UTBK.

Keunggulan dari SNBT ini adalah masih menjadi jalur masuk favorit yang dipilih oleh banyak calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Hal pertama yang membedakan adalah untuk SNBT ini untuk setiap pesertanya diwajibkan membayarkan biaya pendaftaran yang sudah ditentukan BP3.

Perlu menjadi catatan khusus kalau biaya pendaftaran SNBT ini sudah diatur agar jauh lebih murah dibandingkan biaya pendaftaran jalur mandiri. Dimana biaya pendaftaran SNBT ini sendiri rata-rata di angka Rp 200.000 saja untuk tahun 2023.

Sedangkan untuk Jalur Mandiri maka biaya pendaftarannya sangat tergantung dengan kebijakan masing-masing kampus. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, biaya pendaftaran jalur mandiri ini akan jauh lebih mahal daripada biaya pendaftaran SNBT.

Baca Juga: Berapa Uang Pangkal Jalur Mandiri 2023 di Unpad? Dan 3 Kampus Lain

2. Perbedaan Biaya Kuliah

Nyatanya perbedaan biaya kuliah jalur mandiri dengan biaya SNBT bukan hanya sekadar dari biaya pendaftaran saja. Namun perbedaan berikutnya terletak ada pada biaya kuliahnya nanti.

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau biaya kuliah dari jalur SNBT tergolong lebih terjangkau dan murah daripada jalur mandiri. Hal ini tergolong masuk akal jika mengingat kalau lulusan SNBT dikelompokan dalam besaran biaya terendah.

Lebih tepatnya dibagikan dalam kelompok UKT 1 dan UKT 2 yang merupakan sistem pembayaran yang disesuaikan dengan jumlah penghasilan orang tua. Jadi apabila proses kuliah semakin cepat diselesaikan maka harga kuliah yang dibayarkan juga lebih murah.

Berbeda dengan jalur mandiri yang sudah terkenal karena biaya kuliahnya yang jauh lebih mahal. Hal ini bisa terjadi karena uang pangkal yang mesti ditanggung oleh mahasiswa.

Dimana uang pangkal ini sendiri wajib dibayarkan ketika calon mahasiswa tersebut akan masuk ke Universitas yang dituju. Proses pembayaran uang pangkal ini jelas tidak akan terjadi ketika memilih jalur masuk SNBT.

Sekarang kamu sudah tahu tentang bedanya biaya kuliah jalur mandiri dengan biaya kuliah jalur SNBT. Pastikan kamu sudah pertimbangkan baik-baik ketika memilih jalur masuk mana yang sesuai.

Selain memperhatikan jalur masuknya, maka jangan lupakan juga memperhatikan persiapan. Pilihlah les privat yang terkenal dengan tingkat kelulusan tinggi dan juga dukungan guru-guru terbaik.

Seperti Akademi Prestasi yang siap membantu kamu untuk bisa lolos SNBT ataupun jalur mandiri dengan hasil yang bisa dibanggakan pastinya.

5/5 - (1 vote)
Categories: Informasi PTN

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *