Orang Tua, Ini 5 Tips Dampingi Anak Hadapi Ujian Mandiri PTN - Akademi Prestasi
Orang Tua, Ini 5 Tips Dampingi Anak Hadapi Ujian Mandiri PTN

Ujian mandiri PTN tidak bisa dipungkiri menjadi momok bukan hanya siswa tapi juga bagi orang tuanya. Hal ini tidak bisa dilepaskan karena seleksi mandiri biasanya merupakan opsi terakhir setelah gagal di dua jalur masuk sebelumnya.

Jelas hal itu membuat setiap orang tua mengharapkan anaknya bisa lolos seleksi mandiri ini dengan hasil gemilang. Namun untuk bisa mencapai keberhasilan tersebut, dibutuhkan peran orang tua dalam membantu anak.

Bagi kamu orang tua yang masih bingung, kami punya nih 5 tips menjadi pendamping terbaik anak dalam menghadapi jalur masuk ujian mandiri seperti berikut:

1. Jangan Menjadi Guru

Kesalahan pertama setiap orang tua dalam menjadi pembimbing anak yang sedang menjadi ujian mandiri PTN adalah menjadi guru. Kebanyakan orang tua berangapan kalau dengan menjadi sosok guru maka kemampuan belajar anak semakin meningkat.

Padahal yang terjadi sesungguhnya adalah sebaliknya yaitu orang tua yang menjadi guru hanya akan membebani siswa. Solusi terbaiknya adalah dengan orang tua yang sebaiknya menjadi pembimbing dalam menemani anak belajar.

Alasannya karena siswa pasti sudah memiliki sosok guru di sekolah maupun sosok guru di les privat. Jadi dengan menjadi sosok pembimbing akan membuat siswa lebih percaya diri dan lebih siap menghadapi ujian mandiri PTN nantinya.

Baca Juga: 5 Jalur Mandiri PTN 2023 Tanpa Uang Pangkal, Ada UGM!

2. Sesuaikan Ekspektasi dengan Kemampuan Anak

Berikutnya yang tidak boleh tertinggal adalah orang tua wajib menyesuaikan ekspektasi dengan kemampuan anak. Kesalahan besar yang selama ini masih sering dilakukan oleh banyak orang tua adalah menaruh ekspektasi terlalu tinggi atau besar pada anak.

Inilah yang terkadang membuat banyak anak merasa tertekan ketika sedang proses belajar. Alhasil, mereka tidak bisa belajar secara maksimal dan juga berdampak pada hasil belajar yang tidak sesuai ekspektasi.

Supaya hal tersebut tidak sampai terjadi, sebaiknya setiap orang tua mulai memasang ekspektasi yang lebih realistis pada mereka. Dengan melakukan hal ini, maka bukan hanya akan membuat siswa bisa lebih fokus belajar tapi juga membuat orang tua tidak terlalu memaksa.

3. Buat Jadwal Belajar Khusus

Jadwal belajar jelas adalah hal penting agar siswa bisa fokus belajar dan menentukan mana prioritas materi pelajaran yang mesti dikuasai. Terkadang, menjadi pilihan kurang tepat menyerahkan pembuatan jadwal belajar ini pada siswa maupun gurunya.

Alasannya karena orang tua siswa pasti lebih tahu tentang kemampuan dan kesibukan buah hatinya. Inilah yang nantinya bisa dijadikan pacuan oleh orang tua dalam memuat jadwal belajar khusus.

Nantinya dalam jadwal belajar khusus tersebut terdapat materi pelajaran yang mesti dipelajari. jam berapa, jam istirahat maupun yang lainnya. Penting sekali untuk tetap berdiskusi dengan guru dalam membuat jadwal belajar khusus ini.

4. Buka Ruang Diskusi dengan Anak

Ruang diskusi adalah hal penting yang seringkali dilewatkan oleh banyak orang tua ketika menemani anak menghadapi ujian mandiri PTN. Soalnya lebih banyak orang tua yang mengutamakan untuk memberikan ekspektasi dan juga memberi tekanan belajar.

Beda cerita ketika orang tua membuka ruang diskusi pada si anak ataupun siswa yang sedang sibuk menghadapi ujian mandiri. Soalnya sudah bisa dipastikan, seleksi mandiri ini memberikan tekanan besar baik secara mental maupun persiapan pada anak.

Dengan membuka ruang diskusi ini jelas akan memudahkan terjadinya diskusi antara anak dengan orang tua. Khususnya apabila anak sedang mengalami kesulitan ataupun tekanan. Nantinya kehadiran orang tua ini, akan sangat membantu anak untuk tidak stres.

5. Tanyakan Kebutuhan Anak

Terakhir, yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah dengan menanyakan langsung kebutuhan anak. Khususnya kebutuhan yang mampu menunjang proses belajar mereka dan juga membantu meningkatkan kemampuan akademis.

Seperti menyediakan vitamin, mengurangi intensitas penggunaan gadget, siapkan makanan favorit hingga membelikan hadiah. Cara ini pastinya akan membuat anak merasa diperhatikan dan juga akan memberikan semangat spesial pada mereka.

Nah, kini sebagai orang tua sudah mengetahui tentang tips dampingi anak menghadapi ujian mandiri PTN. Namun ada satu cara terbaik yang tidak oleh dilewatkan begitu saja yakni memilih les privat terbaik yang mampu membantu anak lolos ujian mandiri.

Seperti apa les privat tersebut? Tentunya les privat tersebut wajib memiliki dukungan guru-guru profesional dan metode belajar terlengkap. Seperti Akademi Prestasi yang siap membantu siswa untuk bisa meningkatkan peluang lolos kampus PTN favorit.

5/5 - (2 votes)

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *