Syarat Daftar Ulang SNBT dan Tahapannya - Akademi Prestasi

SNBT yang tadinya bernama SBMPTN adalah proses seleksi masuk perguruan tinggi ( PTN ) yang dilakukan berdasarkan hasil nilai Tes Skolastik berbasis komputer. Berdasarkan Permendikbud Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Sarjana.

Nah untuk kamu yang menempuh jalur SNBT ini dan sudah diterima. Patikan kamu melakukan daftar ulang SNBT untuk memverifikasi data yang masuk ke sistem. Setiap Universitas atau PTN memiliki aturan masing-masing sebagai syarat daftar ulangnya.

Nah apa saja syarat daftar ulang SNBT dan apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut penjelasannya.

Syarat daftar ulang SNBT

Syarat Daftar Ulang SNBT dan Tahapannya

Secara umum masing-masing Universitas memberikan regulasi kepada calon mahasiswa barunya dengan mengikuti syarat daftar ulang dibawah ini.

  1. Bukti Kartu Tanda Peserta UTBK SNBT yang sudah di print out.
  2. Fromulir registrasi online daftar ulang yang sudah diisi.
  3. Bukti tes bebas narkoba.
  4. Bukti pembayaran UKT semester pertama.
  5. Ijasah Asli ( foto copy yang sudah dilegalisir ) atau surat keterangan lulus.
  6. Transkrip nilai hasil ujian atau legalisirnya.
  7. Pas foto 3×4 dan 4×6 dengan background menyesuaikan kampusnya.
  8. Materai 6000
  9. Bukti pembayaran rekening listrik selama tiga bulan.
  10. Bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan.

Nah untuk waktu pelaksanaan jadwal ulang biasanya berbeda ditiap Universitasnya. Jadi kalian perlu menyesuaikan dengan cek secara berkala portal resminya.

Jangan sampai kalian ketinggalan informasi daftar ulang bila sudah dinyatakan lulus SNBT ini ya. Kalian bisa cek secara berkala website resmi dari masing-masing kampus yang menerima kalian.

Tahapan daftar ulang SNBT

Bila kalian sudah dinyatakan lulus SNBT, pastikan kalian melakukan daftar ulang dengan mengikuti intruksi dari masing-masing kampus. Setiap kampus memiliki aturan yang berbeda. Berikut ini aturan umum yang biasa diterapkan untuk tahapan daftar ulang SNBT.

  1. Download dan isi form daftar ulang yang disediakan kampus kalian dari website resminya.
    Kunjungi portal resmi dari kampus yang menerima kalian. Cari informasi penting yang kalian butuhkan terkait daftar ulangnya. Biasanya kampus tersebut menyediakan form daftar ulang yang isa kalian download dan isi untuk diserahkan saat daftar ulang.
  2. Membayar UKT pertama dan melampirkannya saat merahkan dibagian pembayaran.
    Nah, untuk melengkapi dokumen-dokumen kamu. kamu akan diarahkan untuk membayar UKT pertama. Lampirkan bukti pembayaran tersebut bersama dokumen-dokumen utama.
  3. Datang langsung ke kampus terkait dan menyerahkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.
    Kalian bisa juga datang langsung kekampus yang menerima kalian. Untuk mencari informasi terkait daftar ulang dan membayar UKT secara langsung.
  4. Mengikuti kegiatan pengenalan kampus.
    Setelah itu, kalian akan disuruh untuk mengikuti OSPEK atau bagian dari pengenalan kampus.

Nah itu adalah beberapa informasi terkait syarat dan tahapan daftar ulang SNBT. Selamat bagi kalian yang telah mewujudkan mimpi masuk kampus impian. Pastikan kalian beradaptasi dengan ekosistem kampus, karena sistem belajar dikampus akan sangat berbeda dengan waktu kalian SMA.

Kalian yang belum beruntung atau tidak lolos SNBT janganlah berkecil hati. Masih ada kesempatan lagi tahun depan untuk mengikuti jalur ini. Manfaatkan waktu kalian dengan belajar dan mengikuti bimbel SNBT agar kalian lebih percaya diri saat ujian aslinya tiba.

Akademi Prestasi menyediakan bimbel masuk PTN atau SNBT yang bisa kalian ikuti dengan sistem belajar intensif bersama pakar lulusan Universitas ternama kami. Hubungi tim pakar kami untuk mendapatkan informasi lengkat bimbel PTN Akademi Prestasi.

Beri rating post
Categories: Informasi

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *